08.00 s/d 20.00 085702543333 5E916D0B085702543333
(pcs)

7 Fungsi Temulawak Bagi kesehatan dan pengobatan

Wednesday, February 17th 2016.

fungsi temulawak bagi kesehatan Fungsi dan kegunaan temulawak untuk kesehatan atau pengobatan sudah dipercaya sejak ribuan tahun silam. Dan bahkan hingga saat ini dijaman yang serba canggih, fungsi temulawak masih dipercaya dan banyak digunakan sebagai jamu dan beberapa dibuat produk temu lawak kemasan yang banyak dijumpai di toko herbal dan bahkan diapotek dan supermarket, baik produk 100% temulawak maupun hanya sebagai campuran herbal lainnya.

Temu lawak dalam bahasa ilmiah/latin dinamakan Curcuma Xanthorrhiza merupakan tanaman obat yang biasa dijadikan sebagai bahan jamu. Temulawak ini memiliki bentuk dan warna yang hampir mirip dengan kunyit. Di beberapa tempat di Indonesia, temulawak disebut sebagai koneng gede. Tanaman berkhasiat obat ini seringkali ditanama dipekarangan rumah mengingat fungsi temulawak yang berkhasiat sebagai obat, dengan demikian seeseorang yang menanam temulawak dipekarangan dekat rumah akan cepat mendapatkannya manakala ingin dikonsumsi sebagai obat terhadap penyakit tertentu. Sebelum lebih jauh akan fungsi dahsyat temulawak, mari kita kenal tanaman dan kandungan temu lawak.

Kandungan Temulawak
Kasiat & fungsi temu lawak memang dipercaya untuk mengatasi atau mengobati beberapa penyakit, itu karena temu lawak memiliki zat/senyawa yang sangat banyak dan bermanfaat untuk tubuh kita.
Temu lawak mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya, antara lain berupa fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap. Kemudian temulawak juga mengandung minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan an kurkuminoid. Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang bermanfaat menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida darah, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan. Sedangkan minyak atsiri menyimpan khasiat untuk meningkatkan produksi getah empedu dan menekan pembengkakan jaringan.

Baca juga : Khasiat kunir

Fungsi Temulawak untuk mengatasi penyakit

1.Mengatasi gangguan pencernaan
Macam-macam gangguan kesehatan khususnya di saluran pencernaan seperti perut kembung, dyspepsia dan indisgestion dapat diatasi dengan konsumsi temu lawak.
Pada tahun 2006, Clinical Gastroenterology and Hepatology menyatakan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan pada ulcerative colitis mendapati penyakitnya semakin membaik dengan mengkonsumsi suplemen temu lawak secara teratur.

2. Meringankan Osteoarthritis
Manfaat ini ternyata sudah masyur di India sejak ribuan tahun lalu. Temu lawak memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan seperti osteoarthristis.

3. Mengatasi kanker
Temu lawak juga efektif dalam mengatasi penyakit kanker, seperti kanker payudara, usus, dan prostat. Dari jurnal ilmiah The Prostate diketahui bahwa kandungan curcumin dalam temu lawak dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. The University of Maryland Medical Center menjelaskan hal tersebut dengan membuat hipotesis bahwa curcuma bekerja menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker.

khasiat dan fungsi temu lawak

Tanaman Temulawak

Fungsi rimpang temulawak pada Resep obat tradisional

1. Asma
Temulawak dapat dijadikan ramuan untuk asma yaitu dengan bahan : 1,5 rimpang temu lawak dan 1 potong gula aren secukupnya. Cara meramunya cukup mudah, temu lawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Setelah kering direbus dengan 5 gelas air ditambah 1 potong gula aren secukupnya sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, kemudian disaring.

2. Maag
Fungsi temu lawak ternyata dapat dijadikan ramuan obat penyakit Maag. Cuci bersih 25 gr rimpang segar, lalu dipotong-potong menjadi baian yang lebih kecil. Rebus rimpang dengan 4 gelas air hingga mendidih hingga airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum air hasil saringan 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

3. Bau Haid
Resep agar saat haid tidak berbau. Cuci bersih 25 gr rimpang segar, lalu dipotong-potong menjadi baian yang lebih kecil. Tambahkan 5 gr asam jawa dan gula aren secukupnya. Seduh ramuan dengan 1 gelas air panas. Dinginkan, lalu minum air ramuan sekaligus. Lakukan pengobatan 3 kali sehari selama masa haid.

Baca juga : Manfaat Jahe

4. Sakit Liver
Fungsi dan kegunaan temulawak berikutnya yaitu untuk mengatasi sakit liver. Cuci bersih rimpang temu lawak secukupnya, kemudian parut. Peras hasil parutan kemudian ambil airnya sebanyak 1 sendok makan, kemudian minum bersama 1 sendok makan madu murni. Lakukan pengobatan sehari 3 kali dengan dosis yang sama.

5. Hepatitis
Bagi anda penderita heptitis, cobalah ramuan ini. Cuci bersih 20 gr rimpang segar kemudian iris-iris. Rebus rimpang dengan 500 ml air bersih hingga mendidih dan tersisa 250 ml. Setelah dingin saring air rebusan. Minum ramuan selagi hangat.

6. Sakit Limpa
Ramuan tradisional untuk sakit limpa yaitu sediakan sekitar 15 gr rimpang temu lawak segar dan 10 gr lengkuas dicuci bersih. Kedua bahan itu diiris tipis-tipis, kemudian tambahkan 5 gr daun meniran. Rebus semua bahan dalam 1 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan sehar isekali.

7. Alergi
Fungsi dari temulawak berikutnya adalah dapat sebagai obat tradisional untuk alergi. Cuci bersih 20 gr rimpang temu lawak, kemudian potong tiipis-tipis. Tambahkan 10 gr asam jawa, 30 gr daun jagung dan gula aren secukupnya. Rebus ramuan dalam 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum airnya sekaligus 1 kali sehari.

8. Menambah nafsu makan
Mengenai fungsi dan kegunaan temulawak yang satu ini rupanya sudah dikenal oleh masyarakat luas.  Jadi banyak sekali tukang jamu keliling yang juga menjual jamu temulawak.

Fungsi temulawak memang memberikan efek positif yang signifikan bagi kesehatan tubuh kita. Meskipun demikian, alangkah baiknya jika anda menderita salah satu dari penyakit diatas tetap memeriksakan ke dokter untuk memperoleh analisa yang tepat dan benar. Demikian artikel singkat mengenai fungsi temulawak, semoga bermanfaat.

Rp 35.000
Rp 45.000
Rp 22.000
Rp 17.000
Rp 20.000
Rp 125.000

Info Diskon

Nama :
E-Mail :

Lokasi Toko

Categories