08.00 s/d 20.00 085702543333 5E916D0B085702543333
(pcs)

Kegunaan lidah buaya (Khasiat Aloe vera) dan efek sampingnya

Wednesday, January 27th 2016.

Kegunaan lidah buaya dan khasiat aloe veraKhasiat Aloe vera – Tanaman yang sering disebut Aloe vera ternyata mempunyai manfaat yang banyak. Kegunaan lidah buaya yang sering diaplikasikan oleh masyarakat indonesia adalah digunakan untuk perawatan rambut. Seiring bertambahnya tingkat polusi udara atau bisa juga karena kurangnya vitamain untuk rambut mengakibatkan rambut sering mengalami kerontokan, rambut pecah-pecah maupun masalah rambut lainnya. Berawal dari masalah rambut inilah lidah buaya sering digunakan sebagai kondisioner alami karena memang berkhasiat untuk kesehatan rambut.

Jika anda jeli atau ingin sedikit survey kecil-kecilan tentang tumbuhan apa yang sering ditanam di pot-pot atau dipekarangan rumah di Indonesia ini. Biasanya anda akan menemukan tanaman lidah buaya adalah yang paling banyak ditanam. Karena mereka juga sudah pada tahu akan kegunaan lidah buaya (khasiat aloe vera) untuk kesehatan rambut. Selain itu, caranya juga sangat simple, hanya dengan membuat seperti jus atau jika ingin lebih simple maka lidah buaya langsung bisa digunakan dan tentu saja setelah membuang kulitnya hanya diambil daging lidah buayanya. Daging lidah buaya atau yang sudah dilembutkan dengan blender (bisa juga ditumbuk) bisa langsung dipakai seperti halnya anda memakai kondisioner. Dengan cara ini, selain lebih praktis dan murah, khasiat aloe vera juga akan bermanfaat untuk kesehatan rambut kita.

Akan tetapi, tahukah anda bahwa kegunaan lidah buaya selain untuk kesehatan rambut juga dapat digunakan sebagai obat/ramuan tradisional terhadap beberapa penyakit. Tumbuhan yang sering didapati pada pot-pot didepan rumah ini ternyata memiliki kandungan yang berkhasiat untuk pengobatan. Namun, sebelum lebih jauh tentang kegunaan lidah buaya (khasiat aloe vera), ada baiknya kita kenali terlebih dahulu akan tanaman lidah buaya ini.

Tanaman Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Bunga kuncup Lidah buaya

Lidah buaya (Aloe vera) merupakan tumbuhan liar yang biasa tumbuh di tempat yang berhawa panas atau ditanam orang di pot dan pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Daun lidah buaya agak runcing berbentuk taji, tebal, getas, tepinya bergerigi atau berduri kecil, permukaan berbintik-bintik, panjang dikisaran 15-36 cm, lebar 2-6 cm, bunga bertangkai yang panjangnya 60-90 cm dan bunga berwarna kuning kemerahan (jingga).

Batang lidah buaya berukuran pendek, tidak kelihatan karena tertutup oleh daun-daun yang rapat dan sebagian terbenam didalam tanah. Lidah buaya berkembang biak dengan tunas. Melalui batang inilah akan muncul tunas-tunas yang selanjutnya menjadikan anakan. Lidah buaya yang bertangkai panjang juga muncul dari batang melalui celah-celah atau ketiak daun.

Daun lidah buaya berbentuk pita dengan helaian yang memanjang. Daunnya berdaging tebal, tidak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan, bersifat sukulen (banyak mengandung air) dan banyak mengandung getah atau lendir (gel) sebagai bahan baku obat. Bentuk daunnya menyerupai pedang dengan ujung meruncing, permukaan daun dilapisi lilin, dengan duri lemas dipinggirnya. Panjang daun dapat mencapai 50-75 cm, dengan berat 0,5-1 kg, daun melingkar rapat di sekeliling batang bersaf-saf.

Baca juga : Manfaat benalu teh

Lidah buaya mempunyai bunga berwarna kuning atau kemerahan berupa pipa yang mengumpul, keluar dari ketiak daun. Bunganya berukuran kecil, tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan, dan panjangnya bisa mencapai 1 meter. Bunga biasanya muncul bila ditanam di pegunungan.Sedangkan akarnya berupa akar serabut yang pendek dan berada di permukaan tanah. Panjang akar berkisar 50-100 cm.

Kandungan Lidah buaya
Menurut informasi Lidah buaya (Aloe vera) mengandung aloin,berbaloin, isobarabaloin, aloe-emodin,aloenin dan aloesin. Herba ini mampu masuk ke meridian jantung,hati dan pankreas. Kegunaan lidah buaya memang memang sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan karena didalamnya terdapat kandungan-kandungan ini.

Apa saja yang Anda ketahui tentang lidah buaya?
1. Lendir lidah buaya bisa langsung digunakan sebagai masker atau dioleskan di luka bakar setelah lidah buaya dipotong.
2. Anda bisa mngoleskan lendir lidah buaya dalam keadaan yang cukup banyak, karena kulit akan menyerap lendir itu dengan cepat.
3. Cara terbaik untuk memotong lidah buaya adalah dengan menghilangkan durinya terlebih dahulu baru kemudian potong tipis lidah buaya sesuai dengan lebarnya, dan potong lagi ketika lapisan pertama telah mengering.
4. Lidah buaya bisa disimpan dalam kulkas dan digunakan berhari-hari kemudian setelah dilapisi dengan plastik.
5. Bersihkan lendir berwarna kuning yang muncul akibat dipotong terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsi lidah buaya.
6. Daging putih lidah buaya tidak memiliki rasa atau tasteless.
7. Apabila daun lidah buaya tumbuh menyamping  (bukan ke atas), maka lidah buaya Anda kurang mendapatkan sinar matahari.
8. Bila daun lidah buaya Anda tipis dan keriting, maka lidah buaya Anda kekurangan air.
9. Bila daun lidah buaya berwarna kecoklatan, menandakan lidah buaya terlalu banyak terkena sinar matahari.

Kegunaan lidah buaya dan efek sampingnya

Gel Lidah buaya

Kegunaan Lidah buaya dan ramuannya

Seperti apa yang kami sampaikan sebelumnya bahwasannya kegunaan lidah buaya selain untuk kesehatan rambut, juga berkhasiat sebagai obat terhadap beberapa penyakit karena didalamnya terdapat kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja khasiat aloe vera dan penyakit apa saja yang bisa diatasi dengan tumbuhan ini? Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat diobati dengan lidah buaya insya allah, berikut dengan cara meramunya.

1. Diabetes Mellitus
Diabetes Mellitus atau sering kali disebut penyakit gula darah/kencing manis ternyata juga bisa diatas dengan lidah buaya. Cara meramunya ambil 1 batang lidah buaya dan cuci bersih, dibuang durinya kemudian dipotong-potong seperlunya direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Ramuan ini diminum sehari 3 kali masing-masing 1/2 gelas dan diminum sehabis makan.

2. Batuk Rejan
Kegunaan lidah buaya selanjutnya adalah untuk mengobati batuk rejan. Anda bisa ambil daun sekitar 15-18 cm direbus kemudian ditambah gula. Ramuan diminum.

3. Sifilis
Untuk pengobatan sifilis, ambil bunga dan tambah dengan daging lidah buaya kemudian keduanya direbus,lalu diminum.

4. Cacingan
Untuk penyakit cacingan anda bisa ambil 15-30 gr akar kering lidah buaya direbus,lalu diminum.

5. Luka Dalam
10-15 gr bunga kering lidah buaya direbus, minum atau bunga ditim dengan arak putih.

6. Kencing Darah
Kegunaan lidah buaya juga dapat mengobati penyakit kencing darah dengan ramuannya adalah 15 gr daun lidah buaya diperas,ditambah 30 gr gula dan air beras secukupnya. Ramuan diminum.

7. Wasir
1/2 batang daun lidah buaya dihilangkan duri-durinya, cuci bersih lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air matang dan 2 sdm madu. Aduk,saring. Minum sehari 3 kali.

8. Sembelit
1/2 batang daun lidah buaya dicuci dan dibuang kulit dan durinya,isinya dicincang. Lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas dan tambahkan 1 sd, madu. Ramuan hangat-hangat dimakan,sehari 2 kali.

Baca juga : Khasiat buah merah Papua

Catatan :
– Ramuan tidak boleh digunakan oleh perempuan hamil.
– Ramuan dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan dan diare.

Kegunaan lidah buaya memang beragam bisa sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit-penyakit seperti tersebut diatas. Bukan berarti jika kita melakukan pengobatan secara tradisional, tidak ada efek samping. Secara umum memang lebih aman dibandingkan pengobatan dengan obat-obatan kimia. Sekali lagi bukan berarti tanpa efek samping. Termasuk jika kita memanfaatkan lidah buaya sebagai obat, haruslah memperhatikan efek samping yang akan ditimbulkan setelahnya.

khasiat aloe vera untuk obat herbal

Perkebunan Lidah Buaya

Efek Samping penggunaan Lidah buaya

Kegunaan lidah buaya sudah dikenal yang mana berkhasiat untuk kulit, pencernaan, jantung, liver, dan ketahanan tubuh. Adapun efek samping lidah buaya yang timbul tidak terlalu serius dan hanya terjadi pada sebagian orang. Meskipun begitu Anda perlu tahu efek samping yang pernah terjadi pada penggunaan lidah buaya.

Lidah buaya mungkin menurunkan kadar gula darah yang terdapat pada obat diabetes dan dapat menyebabkan hilangnya kalium jika dipakai dengan pil air atau diuretik untuk kondisi jantung. Bagi Anda yang menderita diabetes perlu mewaspadai akan hal ini.

Efek samping lain dari lidah buaya adalah diare dan kram perut jika dikonsumsi dalam jumlah besar/banyak. Hal ini disebabkan oleh efek pencahar pada lidah buaya yang diminum. Anda juga bisa merasakan sakit yang tidak tertahan dan bahkan dehidrasi. (Sumber : aloeverahq.com, pada tahun 2011)

Baca juga : Manfaat kamboja

National Toxicology Program pada tahun 2011 melakukan penelitian yang menemukan bahwa seluruh daun lidah buaya yang ditambahkan ke dalam air tikus selama dua tahun meningkatkan risiko kanker usus besar. Hasil penelitian ini meskipun cukup mengagetkan, tapi masih belum jelas apakah akan berdampak sama pada manusia. Untuk itu Anda harus mengkonsumsi lidah buaya dalam dosis yang tepat, untuk menghindari hal buruk yang mungkin bisa terjadi.

Penggunaan Aloe vera dalam bentuk gel atau getah yang dikonsumsi tidak baik untuk mereka karena akan mengakibatkan keguguran atau resiko kelahiran cacat. Anak-anak juga rentan terkena efek samping tanaman ini apalagi jika dikonsumsi oleh anak dengan usia dibawah 12 tahun. Efek yang ditimbulkan antara lain sakit perut, kram dan diare.

Disebutkan bahwa salah satu kegunaan lidah buaya ini adalah membantu menurunkan gula darah, namun begitu bagi anda penderita diabetes sebaiknya memonitor selalu gula darah anda jika memang mengkonsumsi Aloe vera. Bagi anda yang juga akan menjalani operasi dan sedang dimonitor gula darahnya sebaiknya jangan mengkonsumsi lidah buaya setidaknya dua minggu sebelum operasi.

Penderita hemoroid lebih baik menghindari mengkonsumsi produk lidah buaya apapun karena dikhawatirkan mengandung getah. Getah Aloe vera malah membuat penyakit hemoroid semakin memburuk. Getah Aloe vera yang dikonsumsi dengan dosis tinggi juga dapat dihubungkan dengan gagal ginjal atau masalah serius lainnya.

Dari beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan lidah buaya diatas hendaknya anda ketahui terlebih dahulu poin-poin pentingnya sebelum anda mengkonsumsinya. Demikian artikel singkat tentang kegunaan lidah buaya (khasiat aloe vera) berikut dengan efek samping lidah buaya, semoga bermanfaat.

Rp 45.000
Rp 20.000
Rp 17.000
Rp 25.000
Rp 95.000
habis
Rp 20.000

Info Diskon

Nama :
E-Mail :

Lokasi Toko

Categories