08.00 s/d 20.00 085702543333 5E916D0B085702543333
(pcs)

Khasiat bawang merah mentah untuk pengobatan

Saturday, January 30th 2016.

Khasiat bawang merah mentahKhasiat bawang merah mentah ternyata cukup signifikan dalam penyembuhan terhadap beberapa penyakit. Bawang merah yang kita kenal sebagai bumbu rempah yang sring digunakan sebagai penyedap rasa ini mengandung banyak senyawa/zat yang berguna untuk kesehatan. Mudah sekali untuk mencari bawang merah, karena hampir ditiap-tiap pasar, warung atau supermarket menjualnya. Sebelum kita ke pokok pembahasan mengenai manfaat bawang merah mentah, mari kita kenali terlebih dahulu mengenai tanaman rempah ini!

Tanaman bawang merah
Bawang merah merupakan tanaman herba semusim yang mempunyai tinggi mencapai 40-60cm dan tidak memiliki batang. Bawang merah memiliki daun tunggal yang memeluk umbi lapis. Sedangkan umbi lapisnya menebal dan berdaging, warna merah keputihan bentuk lurus, ujung runcing tepi rata panjang kisaran 50cm, lebaran kisaran 0,5 cm.

Baca juga : Manfaat habbatussauda

Tanaman yang mempunyai nama simplisia Cepae bulbus ini memiliki bunga majemuk yang berbentuk bongkol, bertangkai silindris panjang kisaran 40 cm, hijau, benang sari enam, tangkai sari putih, kepala sari hijau, putik menancap pada dasar bunga, mahkota bunga berbentuk bulat telur, ujung runcing tengahnya bergaris putih. Buah batu bulat, warna hijau, biji segitiga warna hitam. Akar serabut warna putih.

Bagian yang digunakan
Umbi lapis/tuber : Dikumpulkan sewaktu proses pertumbuhan berhenti, dikumpulkan yang kokoh.

Sifat dan rasa Bawang merah
– Panas-hangat = Yang : menghangati organ dalam, menghilangkan dingin, memulihkan kehangatan.
– Pedas : Berkhasiat menyebarkan menggerakkan.

Kandungan kimia Bawang merah :
Khasiat bawang merah mentah sangat beragam karena kandungan didalamnya yang banyak. Diantara kandungan bawang merah yaitu minyak atsiri, sikloalin, metilaliin, dihidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin, dan pati, alisin, aliin, alil profil disulvida, asam fenolat,  asamkumarat, asamelagat, asamkafeat, besi, florogusin, fosfor, fitosterol, flavonoid, kaempferol, kalsium, karbohidrat, lemak, niasin, protein, protein patty acid (asam lemak protein), pektin, serat, sterol, skloalin, Vit.A, B1, dan C, sulfur, sulfat dan glukolin.

Khasiat bawang merah mentah menurut Sifat kimiawi dan Efek farmakologi

manfaat bawang merah mentah

Tunas bawang merah

– Sifat hangat, aromatik
– Anti oksidan, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kadar triglesterida, diuretik, anti rematik, antibiotik, anti piretik, analgetik, ekspektoran, anti radang.
– Zat flavanoid bekerja sebagai anti radang, anti oksidan, mampu membunuh bakteri, menurunkan kadar lemak dalam darah.
– Flavanoid dan zat alil provildisufida bersifat hipoglikemik yaitu menurunkan kadar gula dalam darah.
– Saponinnya mencegah penggumpalan darah dan mengencerkan dahak.
– Flavonglikosida : Sebagai anti radang dan pembunuh bakteri.
– Sulvurnya mencegah kanker.
– Belerang, besi dan vitaminnya menguatkan otot.
– Vitamin C nya anti pembusukan dan penambah gairah, hormon sex penambah gairah kaum lelaki.
– Colocninya sejenis insulin yang dapat menurunkan gula darah.
– Mengandung juga zat pelancar produksi air seni dan empedu, penambah stamina jantung, enzimnya berguna bagi perut, mengandung zat pengaktif kelenjar dan hormon.
– Mengandung zat anti biotik yang lebih kuat dari penisilin, urmayusin dan sulfat mengobati TBC, sipilis, dan membunuh banyak kuman yang berbahaya.

Kegunaan Bawang merah mentah :

Sakit kepala, Insomnia, Radang anak telinga, Difteri, kencing tidak lancar, Gangguan jantung dan pembuluh darah, kolesterol, darah tinggi, gondong, disentri, perut kembung, sariawan, sembelit, wasir, pegel linu, rematik, sakit pinggang, asma, batuk, bronkhitis, influenza, koreng, luka memar, beri-beri, demam (demam pada anak/perut kembung), masuk angin, kencing manis, kutu air, bisul/luka, payu dara bengkak, kejang, cacar sapi, radang paru, obat cacing, haid tidak teratur, dan lain-lain.

Pemakaian dalam :
– 5 gr bawang merah mentah setiap hari
– 0,5 ml jus bawang merah setiap hari
– 300 mg serbuk bawang merah setiap hari

Pemakaian luar :
– Umbi bawang merah dilumat tempelkan pada bagian yang sakit :difteri, kencing tidak lancar, gondong, wasir, batuk, payudara bengkak, masuk angin, kutu air, bisul.
– Secukupnya buat tetes telinga

Khasiat bawang merah mentah dan ramuannya

1. Asma
Bahan :
– Bawang merah : 30 gr
– Kopi : 1 sendok teh
– Telur ayam kampung : 1 butir
– Jeruk nipis : 1 buah
– Gula batu : secukupnya

Cara meramu agar khasiat bawang merah mentah bisa dijadikan obat untuk penyakit asma yaitu : Ambil 30 gr bawang merah diparut kemudian tambahkan 1 sendok teh kopi, 1 telur ayam kampung, perasan 1 jeruk nipis, lalu tambahkan gula batu secukupnya, kemudian diaduk rata lalu disaring. Hendaknya ramuan ini diminum selagi hangat, setelah makan pagi. Selain dengan bawang merah, penyakit asma juga bisa diobati dengan biji dari buah cermai. Lihat ulasan tentang manfaat buah cermai.

2. Batuk & Bronkhitis
Bahan :
– Bawang merah : 3 siung
– Jeruk nipis : 1 buah
– Minyak kelapa : secukupnya

Cara meramu cukup siapkan siung bawang merah ditambah air jeruk nipis ditambah minyak kelapa, oleskan pada dada dan leher secukupnya.

3. Disentri
Khasiat bawang merah mentah selanjutnya untuk mengatasi disentri dengan bahan-bahan sebagai berikut :
Bawang merah : 3 siung
Daun jambu biji : 30 gr
Kulit batangnya : 30 gr
Air : 3 gelas

Semua bahan-bahan diatas direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Air rebusan disaring dan dibagi menjadi 2 gelas dan bisa diminum 2x sehari.

4. Demam pada anak + perut kembung
Untuk mengobati demam dan perut kembung pada anak, sediakan bahan-bahan berikut :
Bawang merah : 3 siung
Minyak goreng : 2 sendok makan
Minyak kayu putih : 1/2 sendok makan
Jeruk nipis : 1 buah
Air : secukupnya

Cara meramunya, bawang merah mentah diparut lalu tambahkan minyak goreng, minyak kayu putih dan air 1 jeruk nipis kemudian aduk sampai merata. Ramuan ini bisa digosokkan pada ketiak, punggung dan perut, kepala,perut dan bagian yang panas pada anak.

5. Bisul/luka
Jika anda ada bisul/luka tidak ada salahnya mencoba ramuan tradisional ini. Anda cukup menyediakan 1 bawang merah yang telah dikupas bersih kemudian dicuci dan diparut. Kemudian bisa ditempelkan langsung pada bagian bisul atau luka.

6. Darah tinggi
Tahukah anda bahwa bawang merah mentah juga bermanfaat untuk hipertensi. Sediakan 30 gr bawang merah kemudian diblender dengan air dan madu secukupnya. Hasil blenderan bisa diminum 2 x sehari. Tanaman obat yang berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah tinggi/hipertensi diantaranya yaitu : Daun seledri | Jahe | Daun murbei | Daun buah Alpukat. Jika anda ingin produk herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi, silahkan coba herbal : Habba garlic | Minyak habbatussauda |

7. Beri-beri
Ternyata khasiat bawang merah mentah juga dapat mengobati beri-beri. Bahan dan cara meramunya juga sederhana, sediakan 1 ons bawang merah dan tambahkan 1/2 ons lobak lalu direbus dengan waktu 1 jam. Kemudia ramuan diminum selagi masih hangat.

8. Difteri
Manfaat bawang merah mentah selanjutnya insya allah dapat mengatasi penyakit difteri dan bahan-bahan yang digunakan adalah sebagai berikut :
Bawang merah : 3 siung
Adas : 1 sendok teh
Pulisari : 1 jari
Jahe : 1 jari
Daun salam : 5 lembar
Air putih : 100 cc

Untuk cara meramu dari semua bahan diatas yaitu semua bahan dihaluskan baru kemudian ditambahkan air 100 cc, kemudian diperas dan disaring. Air perasan dapat diminum dan ampasnya bisa digosokkan pada leher.

manfaat bawang merah mentah untuk obat tradisional

Kami yakin masih banyak khasiat bawang merah mentah untuk dijadikan sebagai obat tradisional karena kandungannya yang sangat banyak. Meskipun demikian hendaknya anda selalu konsultasikan penyakit anda kepada dokter untuk memperoleh diagnosa yang tepat. Semoga bermanfaat.

Rp 30.000
Rp 120.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 20.000
Rp 75.000
Rp 35.000

Info Diskon

Nama :
E-Mail :

Lokasi Toko

Categories