08.00 s/d 20.00 085702543333 5E916D0B085702543333
(pcs)

Manfaat kunir dan efek samping akibat salah konsumsi

Monday, January 11th 2016.

Manfaat kunir sangatlah beragam bukan hanya untuk merawat kecantikan tetapi juga untuk kesehatan. Kunir merupakan bahasa jawa yang kalau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk bumbu masakan dan juga sebagai pewarna alami dari makanan. Sebelum lebih jauh kita kenal tentang manfaat/khasiat kunir,mari kita kenal terlebih dahulu tumbuhan kunir itu sendiri.

 manfaat kunir untuk pengobatan tradisional

Tumbuhan kunir
Tumbuhan kunir memiliki batang basah,tingginya bisa sampai 0.75 m, daun berbentuk lonjong,bunga majemuk berwarna merah atau merah muda. Tanaman herba tahunan ini menghasilkan umbi utama berbentuk rimpang berwarna kuning tua atau jingga terang.Kunir bisa tumbuh di ladang dan di hutan, terutama di hutan jati. Banyak juga ditanam dipekarangan dan dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 2000 mdpl.

Tumbuhan yang memiliki nama latin curcuma longa lin atau curcuma domestica ini merupakan tanaman yang termasuk dalam kelompok zingiberanceae atau jahe-jahean. Di Indonesia kunir terdiri dari beberapa jenis yaitu kunir putih, kunir kuning, kunir hitam dan kunir merah. Pada umumnya kunir mengandung berbagai macam zat seperti kurkumin dan desmetoksikumin 10%, bisdesmetoksikurkumin 1-5%, dan mengandung minyak atsiri yang terdiri dari keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, felandren, sabien, sineil dan borneol. Selain itu kunir juga menandung lemak sebanyak 1-3 %, protein sebanyak 3%, karbohidrat 3%, vitamin C, zat besi, fosfor dan juga kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan.

Banyaknya kandungan dari tumbuhan kunir inilah maka tak heran manfaat dan kegunaan kunir cukup beragam untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut adalah beberapa dari manfaat kunir dengan ramuan dan resep obat untuk bisa dikonsumsi. Resep obat ini kami rangkum dari sumber buku yang terpercaya (Bisa dilihat di daftar pustaka).

manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat kunir dan dan cara meramu sebagai resep obat

Luka
Khasiat kunir ternyata bisa sebagai obat luka. Takaran resepnya adalah : rimpang kunyit 1 jari, daun asam satu genggam, dan air dipipis. Tempelkan pada luka diganti setiap 3 jam.

Diare
Jika anda membeli obat untuk obat diare terutama yang herbal, kebanyakan bahan yang digunakan juga mengandung kunir. Untuk resep obatnya yaitu : sediakan rimpang kunyit 1/2 jari, rasuk angin 1/2 sendok, ketumbar 3 biji, buah kayu ules 1 biji, dan daun trawas 1 helai. Campuran ditumbuk, ditambah air 115 ml dan dididihkan kemudian disaring. Ramuan di minum pagi dan sore tiap kali minum 100 ml.

Nyeri Haid
Jika anda seorang wanita yang sering sakit/nyeri disaat sedang haid, bisa coba resep obat dari manfaat kunir ini, yaitu : sediakan rimpang kunir 1 jari, ketumbar 7 butir, cengkeh 1 butir, asam kawak, dan biji pala. campuran tersebut ditumbuk, ditambah air 110 ml. Dididihkan kemudian disaring. Diminum 1 kali sehari 100 ml.

Sakit Perut
Manfaat kunir selanjutnya yaitu untuk sakit perut. Sediakan kunir dibakar 1 jari, kulit batang pulo sari 1 jari, ketumbar 7 biji, seluruh tanaman patikan cina 1 genggam dan air 1 cangkir. Campuran ditumbuk ditambah air dan dididihkan hingga tinggal secangkir kemudian disaring. Untuk bayi umur 5-7 bulan 1 sendok teh tiap jam; untuk anak umur 1-2 tahun bisa diminum 2 kali sehari masing-masing 2 sendok makan, untuk orang dewasa sehari minum 3 kali masing-masing 1/2 cangkir.

Baca juga : Khasiat belimbing wuluh

Kunir selain memiliki manfaat dan khasiat yang banyak, juga memiliki efek samping bagi seseorang yang salah konsumsi kunir. Untuk itu sebaiknya diperhatikan beberapa hal sebelum mengkonsumsinya.

Aturan dan perhatian saat mengkonsumsi kunir

Kunir mengandung beberapa zat diantaranya tumeron, zingiberon,seskuiterperna alkohol, kurkumin, zat pahit, lemak harsm vitamin C. Kunir memiliki khasiat kholagog, stomakik, antispasmodik, anti inflamasi, antibakteria dan kholeretik. Untuk itu berikut adalah beberapa kondisi dimana kunir sebaiknya tidak dikonsumsi.

-Perempuan hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi kunir/kunyit. Dikhawatirkan perempuan hamil akan mengalami kontraksi premature, pendarahan uterus dan rasa nyeri akibat kram uterus atau yang sering disebut uterine spasm.

-Bile duct obstruction adalah penyumbatan pada saluran liver yang mengakibatkan memburuknya disfungsi pankreas. Jadi jika anda mempunyai masalah dengan liver atau pankreas lakukan konsultasi dengan dokter spesialis.

-Kunir bisa membuat kepekaan darah meningkat, sehingga disarankan untuk tidak mengkonsumsi kunir setidaknya 2 bulan sebelum anda melakukan operasi besar.

-Kunir juga meningkatkan gas lambung, oleh karena itu jika anda penderita dyspepsia atau gastro-esophegeal feslux (suka kembung dan punya maag), segera konsultasikan dengan dokter.

-Ada beberapa kasus dimana pasien ternyata memiliki alergi terhadap pewarna makanan yang berwarna kuning. Warna kuning itu dihasilkan oleh curcumin. Bila anda alergi terhadap curcumin, maka besar kemungkinan anda juga akan alergi terhadap kunir. Dan besar kemungkinan juga anda akan alergi terhadap jahe, karena kunir dan jahe berasal dari familia yang sama.

khasiat kunir untuk pengobatan herbal

Efek samping mengkonsumsi kunir

Dari penelitian terhadap manusia yang mengkonsumsi ekstrak kunir sebanyak 8000 mg setiap hari selama 3 bulan berturut-turut, tidak ada efek keracunan yang ditemukan.  Akan tetapi hendaknya kita waspada akan efek samping yang lain dari penggunaan ekstrak kunir dalam dosis yang tinggi yaitu sakit perut, sakit di dada, ruam-ruam pada kulit dan kulit bengkak. Beberapa kasus dermatitis juga pernah dilaporkan orang-orang yang bekerja dipabrik pengolahan kunyit/kunir. Orang-orang yang menderita penyakit liver sebaiknya juga menghindari penggunaan kunir karena dapat menyebabkan keracunan pada liver. Kunir sebaiknya juga tidak dikonsumsi oleh penderita batu ginjal dan sakit kuning.

Ekstrak kunir sebaiknya tidak diminum secara berlebihan dan terus menerus karena dikhawatirkan dapat menimbulkan beberapa efek samping. Orang-orang dalam kondisi tertentu seperti ibu hamil/menyusui, penderita batu empedu, dan juga yang memiliki alergi juga diharapkan tidak mengkonsumsi ekstrak kunir karena berpotensi mengalami efek samping yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan karena mengkonsumsi kunir over dosis.

1. Reaksi alergi
Pada umumnya kunir masih aman dikonsumsi tidak lebih dari 1500 mg per hari. Akan tetapi beberapa orang mungkin mengalami mual-mual, muntah, masalah lambung atau diare jika mengkonsumsi kunir pada dosis ini. Minyak kunir juga dapat memicu alergi, ruam-ruam dan rasa terbakar pada kulit terutama bagi pemilik kulit yang sensitif.

2. Masalah empedu
Jika dikonsumsi secara wajar, manfaat kunir sebenarnya efektif membantu menormalkan fungsi empedu dengan melepaskan beberapa zat cerna untuk menstabilkan fungsi saluran empedu. Akan tetappi, penggunaan dosis yang tinggi dapat berakibat buruk bagi hati dan empedu dan gangguan batu empedu yang menghalangi saluran empedu.

3. Sakit perut dan masalah lambung
Ekstrak kunir bersifat asam, sehingga  dianggap sebagai stimulant sekresi gas lambung alami. Jika anda memiliki riwayat dyspepsia atau hyperacidity, sebaiknya tidak mengkonsumsi kunir dalam dosis yang tinggi. Jika memang harus mengkonsumsi kunir, sebaiknya juga minum air putih yang banyak dan sebaiknya perut tidak dalam kondisi yang kosong.

4. Pendarahan
Kunir mengandung zat aktif yang dapat melawan pembekuan darah, akibatnya pada kondisi tertentu kunir justru meningkatkan resiko pendarahan. Untuk itu, sebaiknya konsumsi kunir diberikan dengan berhati-hati pada orang-orang yang mudah mengalami pendarahan atau yang sejak lahir bermasalah dengan gangguan pembekuan darah.

Nah bagi anda yang suka mengkonsumsi kunir untuk diambil manfaatnya, sebaiknya juga mengenali resiko ataupun efek samping terhadap konsumsi kunir. Jangan sampai karena ingin mengambil manfaat kunir agar cepat sembuh maka mengkonsumsi secara berlebihan/over dosis dan yang terjadi malah efek samping yang tidak baik. Semoga bermanfaat..

Rp 30.000
Rp 20.000
Rp 55.000
Rp 110.000
Rp 35.000
Rp 35.000

Info Diskon

Nama :
E-Mail :

Lokasi Toko

Categories