08.00 s/d 20.00 085702543333 5E916D0B085702543333
(pcs)

Manfaat makan tomat dan kegunaan tomat

Sunday, January 31st 2016.

Manfaat makan tomat dan kegunaan tomatManfaat makan tomat sepertinya anda juga tahu, dimana buah tomat banyak mengandung vitamin C. Memang kegunaan tomat yang banyak diketahui orang adalah kandungan vitamin C nya yang banyak membantu untuk kesehatan tubuh selain dimanfaatkan untuk masakan. Akan tetapi tahukah anda manfaat makan buah tomat yang lain? Adakah kegunaan tomat selain sebagai pelengkap/penyedap masakan?

Manfaat makan tomat untuk kesehatan ternyata dapat membantu mengatasi beberapa penyakit dimana buah atau daunnya dijadikan ramuan obat tradisional. Minimal ada 10 macam jenis penyakit yang dapat diobati dengan buah dan daunnya. Sebelum kita ke poko pembahasan mengenai manfaat makan tomat untuk dijadikan obat tradisional, mari kita lihat lebih jauh tentang tanaman tomat itu sendiri.

Fakta Buah Tomat
Buah Tomat (Gycopersicum esculentum Mill) masih termasuk kedalam familia solanaceae. Tanaman tomat berasal dari Amerika tropis, ditanam sebagai tanaman buah diladang, pekarangan atau sering kali ditemukan liar pada ketinggian 1-1.600 mdpl. Tanaman ini tidak tahan hujan, sinar matahari terik dan suka tumbuh ditanah yang gembur dan subur.

Baca juga : Manfaat seledri

Buah tomat bisa dimakan langsung,dibuat jus,saus tomat,dimasak sebagai pelengkap sayuran, dibuat sambal goreng atau dapat juga dibuat acar tomat. Pucuk atau daun muda dari buah tomat juga bisa disayur. Buah tomat yang umum ada di pasaran bentuknya bulat. Yang berukuran besar,berdaging tebal,berbiji sedikit dan berwarna merah disebut sebagai tomat buah. Tomat jenis ini biasa disantap segar sebagai buah. Untuk yang mempunyai ukuran lebih kecil dikenal sebagai tomat sayur karena digunakan di dalam masakan. Yang kecil-kecil sebesar kelereng disebut tomat ceri dan digunakan untuk campuran membuat sambal atau dalam hidangan selada.

Tanaman Buah Tomat

kegunaan tomat

Benih tanaman Tomat

Tanaman/pohon tomat bisa tumbuh tegak atau bersandar pada tanaman lain. Mempunyai tinggi dikisaran 0,5-2,5 m, bercabang banyak, berambut dan berbau kuat. Batangnya bulat,menebal pada buku-bukunya, berambut kasar warnanya hijau keputihan.

Daun majemuk menyirip,letak berseling,bentuknya bundar telur sampai memanjang, mempunyai ujung yang runcing, pangkal membulat, helaian daun yang besar tepinya berlekuk,helaian yang lebih kecil tepinya bergerigi, mempunyai panjang 10-40 cm dan berwarna hijau muda.

Bunga dari buah tomat masuk kategori bunga majemuk,berkumpul dalam rangkaian berupa tandan, bertangkai, mahkota berbentuk bintang, warnanya kuning. Buahnya buah buni, berdaging, kulitnya tipis licin mengkilap, beragam dalam bentuk maupun ukurannya,warnanya kuning atau merah. Bijinya banyak,pipih,warnanya kuning kecoklatan.

Baca juga : Manfaat Jintan Hitam

Kandungan Buah Tomat
Manfaat makan tomat cukup signifikan untuk kesehatan tubuh, karena buah tomat mempunyai kandungan senyawa yang baik untuk tubuh. Diantaranya buah tomat mengandung alkaloid solanin (0,007%),saponin,asam folat,asam malat,asam sitrat, bioflavonoid (termasuk rutin), protein,lemak,g ula (glukosa,fruktosa),adenin, trigonelin, kholin,tomatin, mineral (Ca,Mg,P,K,Na,Fe,sulfur,chlorine),vitamin (B1,B2,B6,C,E,Likopen,niasin) dan histamin. Rutin dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Dengan banyaknya kandungan ini tak heran kegunaan tomat sering ditulis pada banyak buku-buku kesehatan.

Klorin dan sulfur adalah trace element yang berkhasiat detoksikan. Klorin alamiah menstimulir kerja hati untuk membuang racun tubuh dan sulfur melindungi hati dari terjadinya sirosis hati dan penyakit hati lainnya. Likopen adalah pigmen kuning beta karoten pada tomat. Tomatin berkhasiat antibiotik. Sedangkan daun mengandung pektin, arbutin, amigdalin dan alkaloid.

Manfaat makan tomat dan Ramuannya

Manfaat makan tomat memang banyak, akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang optimal ternyata dibutuhkan cara meracik ramuan yang tepat agar dapat menjadi obat yang bermanfaat. Secara umum sepertinya cukup hanya sekedar memakan buah tomatnya dan ditelan. Nah berikut adalah resep racikan obat tradisional yang berbahan dasar buah tomat dan daunnya untuk pengobatan beberapa penyakit.

manfaat makan buah tomat

Bunga Buah Tomat

1. Kulit Terbakar Sinar Matahari
Biasa terjadi bagi anda yang terbiasa bekerja di terik matahari di waktu siang. Untuk meraciknya, Cuci daun muda yang masih segar,lalu giling sampai halus. Balurkan pada kulit yang terbakar.

2. Wasir
Ternyata kegunaan tomat bisa untuk mengobati wasir yaitu dengan merebus beberapa buah tomat yang sudah masak dalam minyak kelapa selama kira-kira sepuluh menit,lalu saring dengan sepotong kain. Setelah dingin,oleskan pada wasirnya.

3. Hipertensi
Manfaat makan tomat ternyata dapat mengatasi penderita tekanan darah tinggi. Bagi anda penderita darah tinggi, bisa makan buah tomat segar sebanyak 1-2 buah pada waktu pagi hari,sewaktu perut masih kosong. Selain makan tomat, Hipertensi juga bisa diatasi dengan daun murbei, baca ulasannya disini.

4. Memar akibat Terbentur
Jika anda pernah terbentur dan memar, bbisa diatasi dengan buah tomat juga. Tim jus tomat yang ditambah dengan air jahe,lalu minum setelah dingin.

5. Radang Usus Buntu
Bagi anda penderita radang usus buntu, minumlah jus tomat,sehari tiga kali,masing-masing satu cangkir. Tetapi hendaklah selalu berkonsultasi dengan dokter.

6. Jerawat
Jerawat adalah sejenis bisul yang muncul diwajah. Dan paling disebelin jika ada di wajah seorang wanita. Jika wajah anda ada jerawatnya, tidak ada salahnya mencoba ramuan yang satu ini dengan cara tambahkan 25 ml alkohol 70% pada jus tomat (100ml),lalu kocok merata. Gunakan campuran untuk menggosok dengan perlahan pada muka yang berjerawat. Lakukan 2-3kali sehari.

7. Demam
Cuci tomat masak (tiga buah),lalu potong-potong seperlunya. Lumatkan dalam setengah cangkir air masak dan satu sendok makan madu murni. Peras dan saring kemudian minum. Lakukan sebanyak tiga kali sehari. Penderita diabetes melitus dilarang menambahkan madu murni agar kadar glukosa darah tidak meningkat. Jika anda menderita demam, selain ramuan dengan buah tomat, bisa juga diatasi dengan brotowali seperti artikel yang sudah kami tulis disini.

8. Radang Gusi
Manfaat makan tomat ternyata berguna juga untuk penderita radang gusi. Cuci buah tomat yang sudah masak,lalu makan mentah. Lakukan sehari dua kali,selama kurang lebih satu bulan.

9. Sariawan
Jika anda penderita sariawan, coba resep yang ini. Potong-potong buah tomat yang sudah masak (dua buah), lalu masak dengan ikan segar. Setelah dingin bisa dimakan. Lakukan setiap hari selama 1-2 minggu sampak tampak perbaikan.

10. Ulkus Lambung
Iris tomat masak dan jeruk yang diasamkan masing-masing satu buah. Tambahkan 1 sdm madu,lalu aduk merata. Makan sedikit demi sedikit,sehari 3-4 kali,selama tiga minggu.

Baca juga : Manfaat minyak zaitun

Cara membuat jeruk yang diasamkan :
Tambahkan 250 gr garam meja pada 500 gr jeruk lemon segar. Masukkan ke dalam toples beling, lalu jemur setiap hari sampai buah jeruk mengisut dan kulitnya mengerut. Bahan ini siap digunakan.

kegunaan buah tomat

Contoh Tomat Cery

Manfaat makan tomat diatas diambil dari sumber yang terpercaya (Lihat daftar pustaka). Namun demikian, hendaknya anda juga harus bijak mengaplikasikannya dengan cara tetap periksa ke dokter bilamana menderita salah satu penyakit diatas. Gunakan obat tradisional buah tomat diatas sebagai obat pendamping dari dokter untuk mempercepat penyembuhan penyakit yang anda derita.

Demikian artikel singkat mengenai Manfaat makan tomat untuk kesehatan dan kegunaan tomat lainnya. Semoga bermanfaat.

Rp 40.000
Rp 25.000
Rp 50.000
Rp 22.000
Rp 26.000
Rp 17.000

Info Diskon

Nama :
E-Mail :

Lokasi Toko

Categories