Beranda » Manfaat, khasiat dan kegunaan kulit manggis » Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Kulit Manggis

Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Kulit Manggis

Mencegah penuaan dini pada kulit sering kita dengar apalagi bagi wanita biasanya lebih peka terhadap masalah kulit. Sebenarnya apa sih pengertian dari penuaan dini pada kulit dan faktor apa saja yang bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini? Bagaimana pencegahan atau cara mengatasi supaya tidak terjadi penuaan dini? Artikel dibawah sedikit menguraikan informasi-informasi tentang penuaan dini pada kulit beserta cara mencegah penuaan dini secara alami khususnya dengan mengambil manfaat dari kulit manggis.

Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang tidak normal, artinya lebih cepat dari yang seharusnya. Banyak orang yang melihat timbulnya kerutan kulit pada wajah pada usia yang masih relatif muda dan bahkan penuaan dini bisa saja terjadi pada wanita yang masih berusia 20-an tahun. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor baik eksternal maupun internal.

Faktor internal biasanya disebabkan karena faktor gangguan dari dalam tubuh itu sendiri. Bisa saja seperti karena sakit yang berkepanjangan atau kurangnya asupan gizi. Sedangkan faktor eksternal bisa terjadi karena sinar matahari , polusi, asap rokok, ataupun makanan yang tidak sehat dan lain sebagainya.

Fakta ilmiah tentang kulit :

cara mencegah penuaan dini

Image kredit : serumvitaminc.org

1. Pada usia muda, kulit baru akan muncul ke lapisan epidermis setiap 28-30 hari. Dengan bertambahnya usia, proses regenerasi berkurang secara cepat. Dan ketika usia sudah diatas 50 tahun proses ini menjadi sekitar 37 hari.
2. Lapisan dermis kulit adalah lapisan kulit yang bertanggung jawab terhadap sifat elastisitas dan kehalusan kulit. Lapisan ini berfungsi mensuplai makanan untuk lapisan epidermis dan sebagai fondasi bagi kolagen serta serat elastin.
3. Vitamin C merangsang serta meningkatkan produksi kolagen kulit dengan cara meningkatkan kemampuan perkembang biakan sel fibroblast tua dermis. (sumber: medicastore.com)

Kolagen adalah komponen utama lapisan kulit dermis (bagian bawah epidermis) yang dibuat oleh sel fibroblast. Pada dasarnya kolagen adalah senyawa protein rantai panjang yang tersusun lagi atas asam amini alanin, arginin, lisin, glisin, prolin, serta hiroksiprolin. Sebelum menjadi kolagen, terlebih dahulu terbentuk pro kolagen.Bilamana produksi kolagen menurun seiring dengan semakin bertamahnya usia, berdampak meningkatnya proses “kulit kering” serta sifat elastisitasnya. Lapisan dermis inilah yag bertanggung jawab akan sifat elastisitas dan kehalusan kulit (skin smoothness) yang merupakan kunci utama agar disebut “awet muda” serta memiliki kulityang indah.

Proses penuaan kulit
Pada dasarnya proses penuaan kulit terjadi atas 2 proses besar, yaitu Penuaan kronologi (Chronological Aging) dan ‘Photo Aging’. Penuaan kronologi ditunjukkan dari adanya perubahan struktur dan fungsi serta metabolik kulit seiring dengan berlanjutnya usia. Proses ini termasuk kulit menjadi kering dan tipis, munculnya kerutan halus,  dan juga adanya pigmentasi kulit.
Sedangkan Proses Photo Aging, adalah proses yang menyangkut berkurangnya kolagen serta serat elastin kulit dikarenakan karena terkenanya sinar Ultraviolet Matahari. Paparan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan kulit akibat munculnya enzim proteolisis dari radikal bebas yang terbentuk. Enzim ini selanjutnya memecahkan kolagen serta jaringan penghubung dibawah kulit dermis.

Dari sedikit uraian diatas tentang pengetahuan dan fakta proses penuaan kulit yang merupakan penyebab penuaan dini, untukitu kita perlu melakukan tindakan / pencegahan yang tepat untuk menangani penuaan dini pada kulit. Dan salah satu langkah yang tepat untuk menangani masalah penuaan dini adalah memakai produk anti aging yang tepat. Dan tahukah anda bahwa menurut berbagai sumber bahwa didalam kulit manggis terdapat kandungan zat anti aging? Sehingga kulit manggis juga bisa sebagai obat untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Pencegahan penuaan dini dengan kulit manggis

Penuaan memang proses alamiah yang tidak bisa dihindari oleh siapapun. Kulit manusia memiliki keterbatasan,sehingga akan mengalami penuaan jika waktunya sudah tiba.

Seperti apa yang telah kami sampaikan pada artikel mengenai manfaat kulit manggis, tertulis bahwa di dalam kulit manggis terdapat senyawa xanthon yang berfungsi sebagai antiaging (anti-penuaan dini) dengannya xanthone dapat membuat kulit menjadi awet muda. Penelitian membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi xanthone 30 hari berturut-turut dapat membuat wajah terlihat lebih muda. Jaman dahulu untuk mencegah penuaan dini dengan cara meminum rebusan kulit manggis dua kali sehari pagi dan menjelang tidur sebelum makan.
Selain itu hindarilah mengkonsumsi alkohol, merokok dan hendaknya berolah raga secara teratur. Perbanyak minum air putih, makan buah dan sayur-sayuran. Dan juga hindari makanan yang digoreng dan berlemak.
Senyawa Xanthone dapat berfungsi sebagai antiaging karena ia menghalangi teroksidasinya vitamin-vitamin dan asam lemak tak jenuh, yang merupakan penyusun dinding sel saraf. Dan ini tentu akan menghambat kerusakan jaringan sel-sel yang menyebabkan kulit menjadi keriput karena kehilangan elastisitas atau lebih dikenal terjadinya penuaan dini. (Sumber : manggisgarcia.com)

Mencegah penuaan dini dengan obat herbal kulit manggis

Dewasa ini cukup banyak obat herbal khususnya yang berbahan dasar kulit manggis yang bisa kita temukan di toko-toko obat herbal maupun di apotek. Mengkonsumsi obat herbal adalah salah satu solusi yang aman untuk mencegah penuaan dini secara alami karena bebas terhadap efek samping atau kalaupun ada efek samping tidak sebahaya jika kita mengkonsumsi obat yang bersifat kimiawi. Beberapa produk obat herbal yang berbahan dasar kulit manggis seperti Garcia, Mastin, Bioxanthon, Teh kulit manggis, dan lain-lain.

Bagikan informasi tentang Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Kulit Manggis kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Kulit Manggis | Toko Herbal Klaten

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan