08.00 s/d 20.00 085702543333 5E916D0B085702543333
(pcs)

Cara Mengatasi/Menghilangkan Nyeri Saat Haid secara Alami

Cara mengatasi nyeri haid – Nyeri saat haid sering kali menjadi bahan perbincangan bagi kaum hawa disaat sedang datang bulan (menstruasi). Memang cukup banyak obat nyeri haid yang dijual di apotek atau di toko obat dan tentunya mempunyai efek samping tersendiri. Jika anda takut terhadap efek samping yang ditimbulkan jika minum obat nyeri haid, alangkah baiknya jika mencoba dengan tips cara menghilangkan nyeri haid dengan alami menggunakan bahan kulit manggis.

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid secara Alami dengan kulit manggis

image kredit : www.konsultasisyariah.com

Tahukah anda bahwa kulit manggis bisa mengatasi nyeri haid? Nyeri haid disebabkan oleh terjadinya konstraksi rahim atau iskemia otot rahim, lepasnya dinding rahim akibat peningkatan prostaglandin. Selain itu bisa juga nyeri haid karena faktor hormonal, psikis atau kecemasan yang berlebihan.Maka tidak heran apabila emosi wanita sering susah ditebak. Kadang kalau begitu tegar menghadapi berbagai masalah dan cobaan tetapi terkadang begitu rapuh menghadapi masalah yang sepele saja.
Nyeri Haid primer adalah perasaan sakit dibagian perut bawah yang terjadi karena ketidak seimbangan hormon, tanpa kelainan organ dalam pelvis. Nyeri haid primer akan dialami oleh sebagian besar wanita normal. Menurut Dr.Boy di Indonesia kejadian seperti ini dialami oleh 54,89 % wanita usia produktif, yakni 3 s/d  6 tahun setelah haid pertama kali.

Nyeri haid sekunder ditandai dengan adanya kelainan organ dalam pelvis. Hal seperti ini harus dilakukan pemeriksaan yang serius. Mungkin ada kista, mioma atau tumor di rahim. Nyeri haid (dismenorrhoe) adalah nyeri kejang otot (spasmodik) diperut bagian bawah  dan menyebar kesisi dalam paha atau bagian bawah pinggang yang terjadi menjelang haid atau selama haid akibat kontraksi otot rahim.

Nyeri haid diduga terkait dengan produksi hormon progesteron yang meningkat. Hormon progesteron dihasilkan oleh jaringan ikat kelenjar indung telur (corpus luteum) setelah melepaskan sel telur matang setiap bulan. Hormon tersebut memperbesar ketegangan mulut rahim hingga lubang mulut rahim menjadi sempit, akibatnya otot-otot rahim lebih kuat berkontraksi untuk dapat mengeluarkan darah haid elalui mulut rahim yang sempit. kontraksi otot rahim yang menyebabkan kejang otot yang dirasakan sebagai nyeri. Keluhan nyeri haid berkurang atau malahan hilang setelah kehamilan atau melahirkan anak pertama. Hal ini karena regang.

Nyeri haid atau dismenorrhoe adalah nyeri kejang otot (spasmodik) diperut bagian bawah dan menyebar kesisi dalam paha atau bagian bawah pinggang yang terjadi menjelang haid atau selama haid akibat kontraksi otot rahim.
Nyeri haid diduga terkait dengan produksi hormon progesteron yang meningkat. Hormon progesteron dihasilkan oleh jaringan ikat kelenjar indung telur (corpus luteum) setelah melepaskan sel telur matang setiap bulan. Hormon tersebut memperbesar ketegangan mulut rahim hingga lubang mulut rahim menjadi sempit,akibatnya otot-otot rahim menjadi sempit, akibatnya otot-otot rahim lebih kuat berkontraksi untuk dapat mengeluarkan darah haid melalui mulut rahim yang sempit. Kontraksi otot rahim yang menyebabkan kejang otot yang dirasakan sebagai nyeri. Keluhan nyeri haid berkurang atau bahkan hilang setelah kehamilan atau melahirkan anak pertama. Hal ini karena regangan pada waktu rahim membesar dalam kehamilan membuat ujung-ujung syaraf dirongga panggul dan sekitar rahim menjadi rusak.

Setelah mengetahui penyebab secara umum nyeri haid maka selajutnya akan diulas bagaimana cara mengatasi nyeri haid saat datang bulan yaitu dengan tips yang sangat sederhana yaitu dengan mengkonsumsi Jus kulit manggis atau wedang kulit manggis herbal yang sudah menjadi primadona yang insya allah bisa untuk mengobati berbagai penyakit termasuk bisa dijadikan obat untuk nyeri haid.

Untuk membaca manfaat kulit manggis secara umum, silahkan klik disini!

Cara mengatasi nyeri haid dengan kulit manggis

cara menghilangkan rasa nyeri haid dengan kulit manggis

image kredit : www.tribunnews.com

Kulit manggis sudah terbukti mampu meredakan nyeri saat haid tanpa efek samping. Berbeda dengan obat kimia yang dijual dipasaran yang ada efek samping jika dikonsumsi secara rutin. Karena itulah saat nyeri haid datang, Cuci kulit manggis sebanyak 2 buah, potong-potong dan rebuslah dengan empat gelas air sampai volume tinggal setengah. Agar rasanya tidak pahit dan lebih enak dapat dicampur madu. Minum 2 kali sehari dan lihat hasilnya insya allah kandungan yang terdapat pada kulit manggis bisa menghilangkan rasa nyeri haid.

Demikian artikel singkat tentang cara mengatasi nyeri haid secara alami dan insya allah tanpa efek samping. Memang cara ini bisa dibilang sangatlah tradisional, tetapi aman untuk tubuh kita karena tidak adanya efek samping. Semoga bermanfaat.

Lokasi Toko

Categories