08.00 s/d 20.00 085702543333 5E916D0B085702543333
(pcs)

Kandungan Kulit Buah Manggis

Buah manggis yang kita kenal sebagai buah yang segar ternyata mempunyai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, baik dari kandungan buah manggis itu sendiri maupun kandungan kulit manggis nya. Keduanya banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang (baca : Produsen obat herbal) untuk dijadikan awetan manggis baik berupa sirup, ekstrak, bubuk kulit manggis maupun sebagai campuran dari obat herbal yang dibuat.

kandungan buah manggis untuk kesehatan

Image kredit : dietitianwithoutborders.com

Kulit buah manggis merupakan bagian buah manggis yang membungkus daging buah manggis itu sendiri. Rasio bagian buah yang dikonsumsi dengan bagian buah yang dibuang, lebih tinggi dengan bagian yang dibuang yaitu kulit manggis yang mencapai kurang lebih 2/3 dari bagian buah atau sebesar 66,6%. Untuk itulah dibutuhkan upaya bagaimana agar 2/3 kulit manggis ini bisa kita manfaatkan. Dimana kita tahu bahwa rasa kulit buah manggis adalah pahit sedikit sepat. Rasa pahit pada kulit buah manggis tersebut ada kaitannya dengan kandungan kulit manggis yaitu tannin yang terdapat didalam jaringan kulit buah manggis. Senyawa tannin merupakan asam tannat, secara teori kimia suatu senyawa yang bersifat asam dapat dinetralkan dengan larutan basa yang akan membentuk garam tannat dan air.

Sifat larutan kapur tohor yang basa kuat diharapkan bisa mengikat asam tannat yang terkandung didalam kulit buah manggis. Dengan demikian rasa pahit yang terkandung didalam kulit buah manggis dapat dinetralkan. Kulit manggis mempunyai warna merah dan agak keunguan yang cukup susah dibersihkan karena mengandung asam tannin, resin dan crystallizable mangostine (C20H22O5), yang mudah larut dalam alkkohol tetapi tidak larut dalam air.
Kulit buah manggis juga mengandung Xanthone sebagai anti oksidan yang kuat yang sangat dibutuhkan bagi tubuh sebagai penyeimbang prooxidant (oxidizing radicals,carboncentered,reducing radicals,sinar UV,metal,dan lain-lain) yang ada disekitar lingkup manusia.

Disamping rasanya yang manis dan lezat, Buah manggis juga mengandung nutrisi yang banyak. Buah ini banyak mengandung serat dan karbohidrat,serta mengandung banyak sekali vitamin A, B2, B6 dan Vitamin C dan juga megandung berbagai mineral seperti zat besi, kalsium dan kalium. Hal ini seperti yang disebutkan oleh USDA disini.
Kandungan stilbenes pada buah manggis juga sangat bermanfaat sebagai antifungsi. Sebuah studi di Singapura menunjukkan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif dari pada buah rambutan dan durian.

kandungan kulit manggis menurut ilmu kedokteran

Image kredit : www.buyexoticfruits.com

Kandungan buah manggis
Kandungan yang terdapat dalam daging buah manggis antara lain gula sakarosa, dekstrosa dan levulosa. Dalam takaran per 100gram sajian buah manggis terdiri dari 79.2 gram air , 0.5 gram protein , 19.8 gram karbohidrat, 0.3 gram serat, 11 mg kalsium, 17 mg fosfor , 0.9 mg besi, 14 IU Vitamin A , 66 mg vitamin C , 0.09 mg vitamin B1 (Thiamin), 0.06 mg Vitamin B2 (Riboflavin) dan 0.1 mg vitamin B5(niasin).

Di beberapa negara sudah lama bahwa buah manggis dijadikan sebagai obat dan bahan terapi terutama pada bagian kulit manggis yang mempunyai segudang manfaat. Pada masyarakat tradisional daging buah manggis biasa digunakan untuk radang amandel, sariawan, disentri, wasir, luka atau borok karena kemampuan antiinflamasi atau anti peradangan.

Kandungan kulit manggis
Disamping itu kulit buah manggis yang dikategorikan sebagai limbah teryata mengandung air 62.05% , abu 1.01% , lemak 0.63% , protein 0.71% , total gula 1.17% , dan karbohidrat 35.61%.
Berbagai hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan kulit buah manggis kaya akan antioksidan, terutama antosianin, xanthone,tanin, dan asam fenolat.

Dari uraian singkat tentang kandungan buah manggis maupun kandungan kulit manggis diatas, semakin meyakinkan kita bahwa manfaat manggis dapat dibuktikan berdasarkan ilmu kesehatan.

Lokasi Toko

Categories