08.00 s/d 20.00 085702543333 5E916D0B085702543333
(pcs)

Manfaat Ekstrak Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat ekstrak kulit manggis – Sebelumnya sudah kami sampaikan beragam manfaat,khasiat maupun kegunaan dari kulit manggis untuk kesehatan tubuh. Bagi anda yang belum membaca tentang artikel tersebut, silahkan baca disini. Untuk artikel kali ini lebih khusus mengenai manfaat dari ekstrak kulit manggis tersebut. Sebelum kami sampaikan tentang manfaat ekstrak kulit manggis, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu arti kata ekstrak itu sendiri.

Manfaat ekstrak kulit manggis untuk kesehatan tubuh

Kredit gambar : greentv.ipb.ac.id

Kata ekstrak menurut situs ensiklopedia bahasa indonesia (wikipedia), arti Ekstrak yaitu zat yang dihasilkan dari ekstraksi bahan mentah secara kimiawi. Senyawa kimia yang diekstrak bisa meliputi senyawa aromatik, ester, minyak atsiri dan sebagainya yang kemudian akan menjadi bahan baku dalam proses industri atau digunakan secara langsung oleh pemakai. Proses ekstraksi sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti ekstraksi berdasarkan beda titik didih, pemisahan berdasarkan beda massa jenis/ukuran partikel,penyerapan senyawa ekstrak dari bahan baku dengan senyawa ekstrak,pengambilan senyawa ekstrak dari bahan baku atau bisa juga dengan penumbukan bahan hingga menjadi ukuran yang sangat kecil.

Dari arti diatas dapat disimpulkan bahwa ekstrak merupakan inti sari dari sebuah bahan mentah. Dalam artikel ini, kami bicara masalah manfaat ekstrak kulit manggis berarti bisa dikatakan juga khasiat dari sari pati kulit buah manggis. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Manfaat Ekstrak Kulit Manggis Vs Penyakit Degeneratif

Seperti yang telah kami tulis dalam artikel manfaat kulit manggis, bahwa di dalam kulit manggis terdapat senyawa yang mempunyai khasiat luar biasa dan salah satunya untuk penyembuhan jenis penyakit degeneratif. Penyakit ini terjadi seiring bertambahnya usia seseorang, semakin tua maka akan semakin rentan terserang penyakit degeneratif.Penyakit degeneratif cukup banyak ada kurang lebih 50 macam, diantaranya seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, osteoporosis dan lain-lain. Ekstrak kulit manggis dipercaya dapat menyembuhkan penyakit jenis ini.
Senyawa Xanthon dengan unsur antiinflamasinya mampu mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan. Ekstrak kulit manggis juga bermanfaat sebagai antibakteri, antijamur dan antivirus. Dengan kemampuannya ini dapat melawan terhadap serangan MRSA (Methicilin Resistant Staphylococcus Aureus) yaitu bakteri yang dapat menyebabkan infeksi parah.
Senyawa Alfamangostin, betamangostin dan garcinone B pada kulit manggis mampu menghambat pertumbuhan bakteri Mycobaterium tuberculosis atau lebih dikenal dengan TBC. Kabar gembira bagi para penderita diabetes, setelah dilakukan riset atau penelitian bahwa di dalam ekstrak kulit manggis juga terdapat senyawa mangiferin yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah.

Manfaat kulit manggis untuk mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi) dibuktikan oleh peneliti dari Departemen Farmakologi dan Toksikologi, Medical University School, Janczewkiego, Polandia, Rajtar Grazyna dan rekan. Dalam penelitian itu mendapatkan bahwa lima senyawa turunan manggis dapat menghambat dari pembentukan gumpalan darah sehingga mengurangi resiko stroke. Penelitian dari Taiwan juga menunjukkan bahwa senyawa dari turunan xanthon mengandung antihipertensi yang dapat menimbulkan efek menurunkan tekanan pada pembuluh darah.

Tidak diragukan lagi tentang manfaat ekstrak kulit buah manggis untuk kesehatan tubuh kita. Tak heran hingga saat ini aneka ragam produk herbal dengan bahan baku kulit manggis yang diekstrak semakin banyak. Bagi anda yang tidak mau repot untuk meng-ekstrak kulit manggis sendiri, sepertinya produk-produk herbal tersebut menjadi solusi untuk mengambil manfaat ekstrak kulit manggis.

======================
Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Ekstrak
Buku Khasiat Sakti Manggis Tumpas Berbagai Penyakit oleh Nurchassanah, Penerbit : Dunia Sehat

Lokasi Toko

Categories