Beranda » Manfaat, khasiat dan kegunaan kulit manggis » Manfaat rebusan kulit manggis

Manfaat rebusan kulit manggis

Manfaat rebusan kulit manggis dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Jika dibilang rebusan, terkesan hal ini merupakan resep/pengobatan tradisional atau klasik dimana kebanyakan pada jaman dahulu membuat obat dengan cara direbus dan diambil air rebusannya. Meskipun merupakan cara tradisional, tetapi cara ini memang terbukti manjur untuk pengobatan beberapa penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa sembuh dengan memanfaatkan khasiat rebusan kulit manggis.

manfaat rebusan kulit manggis untuk kesehatan tubuh

Penyakit yang bisa sembuh dengan rebusan kulit manggis

1. Penyakit Disentri
Disentri adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi pada usus yang menyebabkan sering buang air besar disertai dengan lendir dan darah. Disentri bukan merupakan penyakit yang berbahaya dan tanpa penanganan medispun biasanya bisa sembuh dalam beberapa hari. Tapi jangan dianggap sepele, karena penderita bisa saja dehidrasi yang berujung pada kematian. Nah disentri juga bisa diobati dengan memanfaatkan rebusan kulit manggis.
Berikut adalah cara merebusnya :
Untuk mengobati disentri, ambil kulit 2 buah manggis kemudian dicuci sampai bersih. Kemudian di potong-potong dengan ukuran kira-kira 1 x 2 cm. Rebus dengan 4 gelas air atau setara dengan 800 cc. Rebus hingga mendidih dan sampai air rebusan tinggal separuhnya atau kira-kira tinggal 2 gelas. Dinginkan dan kemudian saring. Air rebusan bisa ditambah dengan madu untuk menambah selera minum. Minum dua kali sehari.

2. Penyakit Diare
Diare adalah penyakit seringnya buang air besar secara terus menerus dengan kondisi tinja sangat lembek atau bahkan cair. Penyakit ini tidak berbahaya tetapi hendaknya sang penderita jangan sampai kurang minum karena dapat menimbulkan dehidrasi. Jika penyakit diare dialami oleh anak-anak, harus lebih waspada dan hendaknya orang tua memberikan air minum yang banyak. Manfaat rebusan kulit manggis juga bisa untuk mengobati penyakit diare.
Berikut cara merebusnya :
Untuk Penyakit diare, ambil kulit manggis kering sebanyak 2 buah manggis kemudian dicuci hingga bersih. Potong kulit manggis tadi dengan ukuran kira-kira 1 x 2 cm. Rebuslah dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan sampai volume air rebusan tinggal separuhnya. Dinginkan dan kemudian saring. Air rebusan bisa ditambah dengan madu untuk menambah selera. Minum air rebusan dua kali sehari.

3. Penyakit Sariawan
Sariawan merupakan radang yang terjadi pada bibir atau pipi bagian dalam mulut dan biasanya berbentuk seperti bercak putih kekuningan. Sariawan bukanlan penyakit yang berat, tetapi jika seseorang terkena sariawan maka biasanya selera makan akan berkurang lantaran rasa perih jika sariawan terkena makanan.
Untuk pengobatan penyakit sariawan, cara rebusnya sama dengan diatas. Hanya berbeda cara konsumsinya saja. Untuk sariawan, air rebusan yang sudah disaring tadi hanya digunakan untuk berkumur saja dan bisa dilakukan sebanyak 3 hingga 6 kali sehari.

Itulah 3 penyakit yang insya allah terbukti dapat disembuhkan dengan manfaat rebusan kulit manggis. Tips sederhana ini bisa anda praktekkan dirumah sebagai obat alternative jika suatu saat nanti anda atau orang terdekat anda mengalami beberapa penyakit diatas. Tetapi alangkah baiknya anda juga periksa ke dokter. Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Manfaat rebusan kulit manggis kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat rebusan kulit manggis | Toko Herbal Klaten

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan