Beranda » Manfaat Madu untuk keesehatan

Manfaat Madu untuk keesehatan

khasiat madu dan lebah untuk tubuh manusiaDi dunia modern ini ternyata Madu menjadi minuman favorit bagi sebagian keluarga, terutama bagi mereka yang mengetahui akan manfaat madu untuk kesehatan tubuh. Karena mereka sadar selain manis dan kesegaran yang dirasakan madu banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh kita. Mereka mengganti gula pasir yang notabene banyak mengandung zat yang cukup membahayakan tubuh kita dengan madu untuk membuat berbagai minuman. Dan bahkan menurut sejarah disebutkan bahwa penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dahulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa alami.

Mengenal Madu
Sepertinya anda sudah tidak asing lagi perihal madu. Bagaimana bentuknya, warnanya ataupun rasanya. Madu adalah cairan kental yang menyerupai sirup yang berwarna coklat tua dan mempunyai rasa manis yang dihasilkan oleh lebah madu. Rasa manis madu disebapkan oleh kandungan unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu dikarenakan rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6 di dalam madu.

Manfaat madu asli bagi kesehatan tubuh menurut al-quran

Manfaat madu menurut Al-Qur’an dan Hadits

Madu dihasilkan oleh lebah dimana keduanya ini memiliki keistimewaan yang luar biasa sehingga tercantum di dalam Al-Qur’an.

Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dalam Al-Quran surah An-Nahl ayat 68-69 :

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ (٦٨)ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (٦٩)

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu), dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” [QS. An-Nahl : 68-69]

Ayat diatas secara jelas menggambarkan bahwa lebah sangatlah  pantas menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dikarenakan banyaknaya manfaat yang dapat diperoleh dari lebah tersebut, salah satunya berupa madu yang dapat dijadikan sebagai obat. Pada awalnya mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa madu bisa menjadi obat. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman para ahli ilmu medis dan kedokteran telah membuktikan bahwa madu memang bisa dijadikan obat untuk tubuh.
Dalam ayat diatas juga dijelaskan bahwa bahan yang dapat dijadikan obat penyembuh untuk manusia adalah bahan yang keluar dari perut lebah dengan bermacam-macam warnanya. Pada ayat tersebut tidak menyatakan obat untuk spesifik penyakit tertentu tetapi fakta di lapangan membuktikan bahwa bahan yang dihasilkan dari lebah entah itu madu, propolis dapat menyembuhkan berbagai penyakit dengan izin Allah ta’ala.

Sebagai penjelasan tentang khasiat dan manfaat dari madu,ada hadits yang berhubungan dengan hal ini :

إن رجلا جاء إاى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال: إن أخي ستطلق بطنه فقال رسول الله: إسقه عسلا، فسقاه عسلا ثم جاءه فقال: يا رسول الله سقيته عسلا فما زاده إلا إستطلاقا. قال: إذهب فاسقه عسلا فذهب فسقاه عسلا، ثم جاء فقال: يا رسول الله ما زاده ذلك إلا استطلاقا. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: صدق الله وكذب بطن أخيك، إذهب فاسقه عسلا، فذهب فسقاه عسلا فبرئ

“Bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa salam, seraya berkata: “Sesungguhnya saudaraku perutnya mulas”, maka Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa salam bersabda: “Minumilah ia madu”,kemudian orang itu memberikan minuman madu kepada yang sakit itu, lalu datanglah orang itu kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa salam, seraya berkata: “Ya Rasulullah saya telah memberikannya minuman madu, tetapi hasilnya bertambah mulas’: Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa salam bersabda: “Pergilah dan minumi (lagi) lah ia madu”, maka orang itu pergi dan memberi si sakit madu, kemudian orang itu datang lagi kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa salam seraya berkata: “Ya Rasulullah, hasilnya hanyalah bertambah mulas”, kemudian Rasulullah bersabda: “Allah berkata benar, dan perut saudaramu berdusta, maka pergilah dan berilah saudaramu itu madu”. Lalu orang itu pergi dan memberi si sakit itu madu, kemudian si sakit sembuh”.(H.R Bukhari Muslim dari Abu Sai’d Al Hudri)

Dalam hadits yang lain Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa salam bersabda yang artinya:
“Obat itu ada tiga macam, mengeluarkan darah dengan cantuk, minum madu dan membakar kulit dengan api, dan saya melarang umatku membakar kulit.”
(H.R Bukhari Muslim dari Ibnu ‘Abbas)

Dan khasiat madu secara ilmiah juga telah diteliti oleh ilmuwan Muslim terkemuka di era keemasan Islam, yaitu Ibnu Sina (890-1037). Ibnu Sina dijuluki sebagai Bapak kedokteran dunia dan pemikir muslim agung di abad ke-10 M itu tercatat sebagai dokter yang mengulas mengenai manfaat dan khasiat madu dari sisi ilmu medis. Dan dibawah nanti akan kami tulis beberapa manfaat madu asli untuk tubuh yang kumpulkan dari berbagai sumber.

Manfaat madu asli bagi kesehatan tubuh

Kita sebagai umat islam hendaknya meyakini dari ayat diatas bahwa di dalam madu terdapat manfaat untuk obat. Dan berbagai penelitian medis juga menjelaskan akan banyaknya manfaat madu bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari madu yang kami rangkum dari berbagai sumber.

  • Mengkonsumsi madu secara teratur dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan jumlah hemoglobin yang akan membantu untuk melawan anemia
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi kelelahan otot
  • Membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah munculnya keriput pada kulit
  • Madu sebagai pelembap kulit yang baik dan efektif untuk meremajakan kulit
  • Penerapan madu pada bibir pecah-pecah dan keriput akan membuat kulit lebih halus dan lembut
  • Madu sarat dengan antioksidan alami, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar ultraviolet
  • Dapat digunakan untuk mengobati kulit yang rusak dan regenerasi sel-sel kulit baru (Madu efektif menyembuhkan eksim, dermatitis dan gangguan kulit lainnya)
  • Madu dapat digunakan sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari panas sinar matahari
  • Madu kaya akan senyawa humektan yang akan membantu mempertahankan kadar air dalam kulit dan mengembalikan elastisitasnya, sehingga membuat kulit lentur
  • Membantu membersihkan luka,mengurangi bau luka dan nanah serta meningkatkan penyembuhan cepat
  • Madu bisa menembus lapisan atas kulit yang dapat mengelupas kotoran. Serta membantu melawan infeksi dan mencegah masalah jerawat
  • Dapat membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh
  • Membantu memodulasi sistem kekebalan tubuh dan mencegah terulangnya infeksi
  • Madu dapat membantu pada wanita yang mengalami morning sickness ketika hamil
    Madu mengandung vitamin B1, B2, C, B6, B5 dan B3, yodium, dan seng
  • Sifat anti-jamur dalam madu, dapat membantu menyembuhkan infeksi pada kaki
    Antibakteri dan antimikroba pada madu dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu. Sehingga digunakan untuk mengobati luka bakar dan lecet
  • Kandungan madu terdiri dari gula seperti glukosa dan fruktosa dan mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium klor, belerang, besi, dan fosfat
  • Madu dapat membantu membersihkan sistem pernapasan dari lendir
  • Madu juga bermanfaat dan memegang peran penting dalam mengelola obesitas yaitu membantu mempercepat metabolisme yang pada gilirannya membantu tubuh lebih banyak membakar lemak

Demikian artikel singkat mengenai manfaat madu ditinjau dari Al-Qur’an dan As-Sunnah maupun dari Ilmu kedokteran yang memang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Semoga bermanfaat.

Catatan : Selama ini, orang lebih mengenal madu sebagai produk lebah yang paling populer dan berkhasiat dalam mengatasi berbagai penyakit. Akan tetapi jika kita mengambil hikmah dari Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 69 diatas, kita akan mengetahui produk lebah yang dapat dijadikan obat tidak terbatas hanya pada madu saja. Produk perlebahan selain madu dapat berupa royal jelly, tepung sari (bee pollen) dan propolis lebah. Dimana beberapa produk tersebut semuanya mempunyai khasiat dan manfaat yang positif untuk menunjang kesehatan tubuh manusia.

Bagikan informasi tentang Manfaat Madu untuk keesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Madu untuk keesehatan | Toko Herbal Klaten

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan