Beranda » Manfaat Propolis dan Khasiatnya

Manfaat Propolis dan Khasiatnya

Manfaat PropolisNama Propolis bukanlah kata yang asing lagi karena sering kali terdengar di telinga kita. Nama ini mulai memasyarakat di Indonesia kurang lebih di tahun 2010-an, dimana di tahun-tahun tersebut mulai ramai produk obat-obatan herbal. Mengingat begitu besarnya manfaat propolis, tak heran banyak sekali produk-produk herbal yang menggunakan campuran propolis untuk diambil khasiatnya. Disadari atau tidak cukup banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang apa itu propolis.

Mengenal Propolis
Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, arti dari istilah Propolis adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh sekelompok lebah madu dari sumber berbagai tumbuhan seperti pada tunas pohon atau aliran getah. Cairan tersebut dikumpulkan oleh lebah madu untuk menutupi lubang kecil atau bahkan hingga lubang yang berdiameter 6 milimeter, sementara untuk lubang yang lebih besar lagi digunakan malam lebah. Jika dilihat dari warnanya tergantung dari sumber tumbuhan yang diambil, tetapi biasanya berwarna coklat tua. Propolis sendiri bersifat cairan yang pekat dan lengket pada suhu ruangan atau di atasnya (20 °C). Akan tetapi jika pada suhu yang lebih rendah, akan menjadi keras dan rapuh. Jika dilihat dari komposisi kimiawi, akan menghasilkan komposisi yang berbeda, hal ini tergantung dari mana bahannya dikumpulkan oleh lebah madu tersebut.

Baca juga : Cara menyembuhkan sakit gigi dengan Propolis

Manfaat Propolis untuk Sarang Lebah

Lebah madu tidak sekonyong-konyong mengumpulkan zat resin tanpa ada manfaat yang penting. Jika anda perhatikan sebuah sarang lebah madu yang ditutupi suatu zat yang berwarna coklat tua (baca : propolis) maka anda akan beranggapan bahwa zat ini berfungsi sebagai pertahanan yaitu menahan hawa dingin, terpaan air hujan atau sengatan matahari saja. Tapi lebih dari itu, sejak kira-kira abad ke 20 telah diteliti bahwa lebah madu bukan hanya bertahan, bahkan malah semakin berkembang dengan adanya ventilasi selama musim dingin. Dari berbagai penelitian itulah kini propolis dipercaya berkhasiat untuk mengurangi getaran di dalam sarang dan memperkuat struktur sarang, mencegah penyakit (kuman,bakteri,jamur,parasit) memasuki sarang, mengisolasi binatang yang terlanjur masuk ke dalam sarang dan mati di dalam sarang sehingga binatang tersebut tidak akan berbau dan berbahaya.
Begitu kuatnya khasiat propolis melindungi sarang lebah dari berbagai macam serangan virus, bakteri, ataupun kuman, menurut suatu cerita pernah ditemukan seekor yang terjebak dan terperangkap pada sarang lebah dan mati, dikabarkan bahwa selama lima tahun tikus tersebut tidak mengalami kebusukan hal ini karena begitu sterilnya keadaan di dalam sarang lebah madu.

Manfaat & Khasiat Propolis untuk Kesehatan manusia

Khasiat dan manfaat propolis sudah dipercaya sejak nenek moyang hingga sekarang. Mari kita tengok sejarah sebentar. Dahulu, pendeta Mesir kuno menggunakan propolis sebagai salah satu bahan untuk mengawetkan mumi. Kemudian dalam dunia kedokteran Arab, propolis diidentifikasi oleh bapak dokter dunia yaitu Ibnu Sina sebagai malam yang berwarna gelap, sebagai sisa kotoran dari sarang. Sementara malam yang berwarna bening dikenali sebagai bahan untuk membuat sarang. Malam yang berwarna gelap inilah diketahui memiliki sifat membersihkan. Namun tertulis juga dalam catatan Ibnu Sina, jika propolis dicium akan menyebabkan bersin. Kemudian Bangsa Asiria kuno mempercayai bahwa propolis digunakan sebagai obat untuk melawan kanker dan tumor. Sementara Bangsa Yunani kuno menggunakannya untuk mengobati bisul.Kemudian dalam era modern ini, propolis masih digunakan dan bahkan semakin bertambah banyak seiring semakin banyaknya obat-obatan herbal yang menggunakan propolis.

Beberapa manfaat propolis untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan imunitas/daya tahan tubuh, hal ini karena propolis mengandung Vitamin A, B, C, D dan E
  • Mengandung zat Bioflavonoid yaitu zat yang dapat mengimbangi radiasi bebas atau sebagai antioksidan
  • Efektif sebagai antifungal, antivirus serta antibakteri yang relatif tanpa efek samping
    Untuk pengobatan penyakit yang disebabkan oleh Jamur, seperti : panu, keputihan akibat jamur, ketombe, dll
  • Untuk pengobaatan penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti : TBC, flu, demam berdarah, dll
  • Untuk pengobatan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, seperti : muntaber, thypus, dll
  • Sebagai anti inflamasi/peradangan serta obat luka, seperti luka bakar, maag, radang ginjal, radang tenggorokan, dll
  • Untuk pengobatan penderita kanker maupun mutagenesis sel, seperti kanker, mium, kista, dll
  • Berfungsi untuk membersihkan darah serta detoksifikasi, sehingga efektif untuk beberapa ganguan kesehatan seperti : trigliserin, darah tinggi, kolesterol, asam urat, stroke, diabetes mellitus, jantung, dll

Melihat begitu banyaknya manfaat propolis untuk kesehatan manusia ini, maka tidak heran kalau harga propolis relatif mahal.

Bagikan informasi tentang Manfaat Propolis dan Khasiatnya kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Propolis dan Khasiatnya | Toko Herbal Klaten

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan